10 Fakta Unik Tidur Tepat Waktu

Hai sahabat Ethels Place apakabar? Berikut ini kita mengutip dari Halo sehat.com dan tradisional-obat.blogspot.com tentang 10 manfaat tidur ...

Hai sahabat Ethels Place apakabar? Berikut ini kita mengutip dari Halo sehat.com dan tradisional-obat.blogspot.com tentang 10 manfaat tidur tepat waktu pasti pada penasaran kan? Tentu dong. Nah manfaat tidur tepat waktu tersebut  antara lain adalah :

10 Fakta Unik Tidur Tepat Waktu

10 Fakta Unik Tidur Tepat Waktu
Sumber Gambar: Metrotvnews.com
1.     Memperbaiki Sel otak
Pada saat tidur, otak manusia mendapatkan kesempatan untuk beristirahat serta memperbaiki sel-sel otak yang rusak. Ketika itu pula hubungan-hubungan antar sel-sel otak yang penting namun jarang digunakan akan disegarkan kembali.

2.    Penyusunan ulang memori
Saat tidur biasanya otak memperoleh kesempatan untuk untuk melakukan penyusunan kembali memori gunamenemukan pemecahan terhadap persoalan yang dihadapi. Karena itu bagi kita yang tengah menemukan jalan buntu terhadap sebuah permasalahan, disarankan untuk justru menghentikan aktivitas otak dengan cara tidur.

3.    Efesiensi energi
Konsumsi energi dan metabolisme tubuh pada saat tidur berada pada titik yang terendah. Itu sebabnya, bagi mereka yang sedang berpuasa, dianjurkan untuk menggunakan sebagian waktunya untuk tidur, agar metabolisme tubuh tidak terganggu.

4.    Memperbaiki sistem predaran darah memperbaiki enzim
Disaat tidur, enzim serta otot-otot tubuh yang tua atau rusak akan digantikan dengan sel-sel tubuh yang baru. Dengan fungsi tersebut, tidur yang produktif dapat membantu mempercepat penyembuhan luka atau cidera.

5.    Mencegah stres dan depresi
Kurang tidur biasanya akan menyebabkan produksi serotin menurun, sehingga dapat memicu strss. Hormon kortisol penyebab stress akan meningkat sehingga fikiran menjadi tegang dan tertekan. Tidur yang berkualitas dapat meningkatkan suasana hati, serta dapat mengontrol emosi kita.

6.    Meningkatkan daya tahan tubuh
Tubuh memproduksi hormon melatonin sebelum pagi tiba. Hormon ini adalah antioksidan alami yang sangat kuat melawan radikal bebas dan serangan penyakit. Aktivitas melatonin menyebabkan tubuh mampu melakukan detoksifikasi, sehingga kekebalan tubuh meningkat. Hormon ini diproduksi dengan masimal ketika lampu padam di malam hari.

7.    Mencegah hipertensi dan serangan jantung
Saraf simpatis secara aktif mempengaruhi aktivitas tubuh disiang hari, sehingga mempercepat detak jantung dan tekanan darah. Saraf parasimpatik memerintahkan tubuh untuk istirahat di malam hari. Jika keseimbangan ini terganggu, jantung akan bekerja secara paksa dan tekanan darah meningkat. Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa telat tidur selama 2 jam di atas jam normal tidur malam,, akan meningkatkan hipertensi sebesar 39%.

8.    Mencegah kanker
Kebiasaan begadang dapat meningkatkan risiko kanker. Alasannya adalah kadar melatonin menurun karena terhambat oleh cahaya. Kini padamkanlah lampu ketika hendak tidur di malam hari.

9.    Mencegah penuaan dini
Kurang tidur akan memicu kenaikan hormon kortisol, sehingga beberapa bagian tubuh mengalami peradangan. Inflamasi sangat berhubungan dengan serangan jantung dan penuaan dini.

10.  Mencegah selesma dan sakit kepala
Produksi protein oleh sel-sel tubuh akan meningkat ketika tidur malam. Molekul protein ini akan memperbaiki kerusakan, termasuk mengobati sakit kepala dan salesma.

COMMENTS

BLOGGER
Name

Bisnis,3,Fakta Unik,18,Gaya Hidup,2,Viral,4,
ltr
item
Ethels-Place: 10 Fakta Unik Tidur Tepat Waktu
10 Fakta Unik Tidur Tepat Waktu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinwsf1qFvXD9lBKMquBlb543Gd3OOsf8gmuSxn_lkd1lt0JPAu_YwVNXyxf6svBGNxJ1fU25_nHoOTOe85m3gDpbN8TOjiIM3dDiJk7jo-_HxAj33BDldatX6rg9yU4P6R_k-0mEquTO0a/s320/10+Fakta+Unik+Tidur+Tepat+Waktu.PNG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEinwsf1qFvXD9lBKMquBlb543Gd3OOsf8gmuSxn_lkd1lt0JPAu_YwVNXyxf6svBGNxJ1fU25_nHoOTOe85m3gDpbN8TOjiIM3dDiJk7jo-_HxAj33BDldatX6rg9yU4P6R_k-0mEquTO0a/s72-c/10+Fakta+Unik+Tidur+Tepat+Waktu.PNG
Ethels-Place
https://ethels-place.blogspot.com/2018/10/10-fakta-unik-tidur-tepat-waktu.html
https://ethels-place.blogspot.com/
https://ethels-place.blogspot.com/
https://ethels-place.blogspot.com/2018/10/10-fakta-unik-tidur-tepat-waktu.html
true
7955259525141610584
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy